fbpx
 
Posted by intan mobil Mesin

Kenapa Mobil Diesel Lebih Mahal dari Bensin? Ini Alasannya

kenapa mobil diesel lebih mahal dari bensin

Ini sebabnya kenapa mobil diesel lebih mahal dari bensin. Mobil diesel mempunyai keunggulan tersendiri dibanding mobil bensin yakni mempunyai mesin kuat sehingga dapat memacu medan jalanan yang sulit sekalipun. Tak jarang mobil diesel dibandrol harga yang lebih mahal. Namun, apa yang menajdikan mobil jenis diesel ini menajdi mahal? 

1. Bahan Baku atau Material Mesin

Hal yang paling utama adalah pemilihan material produksi. Karena memiliki kompresi yang lebih tinggi, mobil diesel harus menggunakan material yang kuat.

Oleh sebab itu, mobil diesel biasanya menggunakan material baja untuk mesinnya, agar suhu ruang bakar tidak terlalu panas dan dapat membakar solar dengan maksimal.

2. Tambahan Turbo untuk Memaksimalkan Performa

Karena memiliki komponen yang cukup berat, mobil diesel juga menyematkan turbocharger. Turbo adalah sistem induksi “paksa” yang mengkompres udara yang mengalir ke dalam mesin.

Alat ini membuat lebih banyak udara yang akan tercampur dengan bahan bakar, dan pada akhirnya akan meningkatkan performa.

3. Branding yang Kuat Sebagai Mobil Berkelas

Mobil diesel pada dasarnya memang sudah identik dengan mobil-mobil mewah. Ya, kebanyakan mobil-mobil kelas atas memang bermesin diesel. Maka tidak heran walaupun memiliki HP dan performa yang mirip, namun orang lebih memilih mesin diesel ketimbang mesin berbahan bakar bakar bensin.

4. Performa yang Lebih Optimal

Dari segi peforma, mobil diesel juga memberikan kekuatan yang cukup mumpuni. Mobil diesel sudah bisa mendapatkan m torsi maksimumnnya di angka 2 ribu RPM.

Selain itu, diesel pun tergolong cukup membantu untuk kondisi macet terutama di saat mobil harus berjalan dengan kondisi stop and go. Karena tingkat pengapiannya juga tinggi, maka efisiensi BBM pun bagus.

5. Biaya Perawatan Lebih Mahal

Dari segi perawatannya, mobil diesel juga akan menguras banyak biaya, karena memiliki mesin yang lebih kompleks dibanding mobil bensin. Apalagi mobil diesel keluaran baru mesinnya sudah menggunakan sistem common rail, exhaust gas recirculating (EGR), dan turbo charger.

Biasanya orang akan ogah membeli barang dengan harga sama namun perawatan lebih mahal. Oleh sebab itu, mobil diesel biasanya mendapatkan kenaikan harga sehingga memberikan sugesti biaya perawatannya adalah normal.

Baca Juga : Dokter Mobil Spesialis Tune Up Mobil Diesel dan Bensin

Itulah beberapa alasan kenapa mobil diesel lebih mahal dari bensin yang bisa Dokter Mobil berikan. Apapun jenis mobil yang anda pilih, pastikan untuk melakukan perawatan mobil secara berkala. Dengan demikian, performa mobil tetap optimal dan nyaman digunakan.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button