Posted by Dokter Mobil Uncategorized

Ini Jawaban Mengapa AC Mobil Tidak Dingin setelah Isi Freon !

Beberapa orang mengeluhkan masalah AC mobil tidak dingin setelah isi freon di bengkel AC. Ini sebab dan solusi mangatasi hal tersebut. Silahkan dibaca dan semoga bermanfaat.

Jangan langsung marah dan panik karena setelah isi freon, AC mobil justru bermasalah. Solusinya ternyata sangat mudah. Yang paling penting adalah anda mencari tahu penyebab munculnya masalah ini terlebih dahulu.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Setelah Isi Freon

Dengan mengetahui sumber masalah, anda dapat dengan lebih mudah memutuskan solusi apa yang terbaik. Sayangnya, ada lebih dari 20 faktor yang menyebabkan timbulnya masalah ini.

Namun umumnya masalah ini terjadi karena:

  • Kualitas Freon AC Mobil
    Kemungkinan besar, freon yang anda terima kualitasnya jelek. Tidak lagi memiliki daya pendinginan. Oleh sebab itu, disarankan untuk mencari bengkel AC mobil yang terpercaya dengan freon yang berkualitas baik.Selain masalah daya pendinginan yang jelek, beberapa freon juga memiliki titik beku yang rendah. Akibatnya, freon membeku oleh dingin yang dia hasilkan sendiri. Hal ini menyebabkan terjadinya frosting atau pembekuan yang menyumbat saluran AC mobil.
  • Kebocoran Saluran AC Mobil
    Bisa jadi saat perawatan berkala, ada kesalahan dilakukan oleh teknisi, Saluran AC mobil tertusuk obeng atau benda tajam lainnya. Akibatnya, terjadi kebocoran di saluran AC mobil.Kebocoran ini menjadikan freon anda berkurang atau bahkan habis. Oleh sebab itu, disarankan untuk melakukan service di bengkel AC mobil dengan teknisi yang berpengalaman.
  • Saluran AC Mobil Tergencet
    Freon harus mengalir dengan baik agar dapat menghasilkan hawa dingin. Namun kesalahan saat isi ulang freon mungkin saja terjadi. Saluran freon terjepit sehingga aliran freon tidak lancar.Untuk mengatasi hal ini umumnya sangatlah mudah. Cukup cari di mana ada bagian selang AC mobil yang terjepit.

Nah, dengan mengetahui hal-hal di atas, anda dapat dengan lebih mudah menentukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Solusi Mengatasi AC Mobil yang Tidak Dingin setelah Isi Freon

Ada beberapa langkah mengatasi masalah pada AC mobil anda yang mengalami masalah tersebut. Adapun langkah yang bisa anda lakukan antara lain adalah:

  • Lakukan Penggantian Freon AC Mobil

    Pilihlah freon dengan kualitas yang baik. Jangan mudah tergiur harga yang murah. Untuk mendapatkan freon yang memang berkualitas, silahkan datang ke bengkel AC mobil terpercaya yang terdekat di kota anda.

  • Cari Titik Kebocoran AC Mobil

    Jika setelah isi freon, anda menemukan jumlah freon mobil anda berkurang, artinya ada kebocoran pada saluran AC mobil anda. Untuk itu, menemukan titik kebocoran merupakan langkah yang wajib dilakukan.

  • Pastikan Aliran Freon AC Mobil Anda Lancar

    Jangan sampai aliran freon anda terhalang sesuatu. Entah itu freon yang membeku, ataupun selang yang tergencet. Anda bisa mengecheck seluruh saluran-saluran mengalirnya cairan freon. Jika ditemukan sumbatan, carilah solusi untuk menghilangkan sumbatan tersebut.

Itulah beberapa solusi mengatasi AC mobil tidak dingin setelah isi freon di bengkel. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Dan semoga perjalanan anda kembali menyenangkan. Terimakasih sudah membaca.

Tags:

About Author