šŸ“¢ SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   šŸ“¢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ā© Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol KlikĀ Disini

Baiknya Kapan Servis Pertama Mobil Baru?

Baiknya Kapan Servis Pertama Mobil Baru

Membeli mobil baru adalah langkah yang menarik dan menandai awal dari perjalanan yang menyenangkan di jalan raya. Namun, setelah Anda membawa mobil baru Anda pulang, pertanyaan yang mungkin muncul adalah kapan servis pertama mobil baru dilakukan.

Servis pertama pada mobil baru memegang peranan penting dalam memastikan kinerja yang optimal dan umur panjang bagi mobil Anda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap mengenai kapan servis pertama mobil baru perlu dilakukan dan seperti apa servisnya. Jadi, mari kita mulai!

Apa itu Servis Pertama Mobil Baru?

Sebelum kita membahas kapan servis pertama mobil baru dilakukan, penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan servis pertama itu sendiri. Servis pertama, juga dikenal sebagai servis 1.000 kilometer atau servis perkenalan, adalah servis yang dilakukan pada mobil baru setelah jarak tempuh sekitar 1.000 kilometer.

Tujuan utama dari servis pertama ini adalah untuk memeriksa, memastikan, dan menyesuaikan setiap komponen penting di dalam mobil baru Anda. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa mobil beroperasi dengan baik dan tidak ada masalah yang perlu diperbaiki atau disesuaikan.

Mengapa Servis Pertama Sangat Penting?

Dilakukannya kapan servis pertama mobil baru sangat penting karena beberapa alasan berikut:

  1. Pengecekan Mekanis

Servis pertama memungkinkan mekanik untuk memeriksa komponen utama mobil Anda. Teknisi akan memeriksa sistem mesin, sistem rem, suspensi, sistem kelistrikan, sistem pendingin, dan berbagai bagian penting lainnya. Dengan melakukan pemeriksaan menyeluruh ini, masalah potensial dapat diidentifikasi lebih awal sebelum mereka berkembang menjadi kerusakan yang lebih serius.

  1. Pelumasan dan Penyesuaian

Selama dilakukannya kapan servis pertama mobil baru, mekanik juga akan melakukan pelumasan pada komponen yang membutuhkannya dan melakukan penyesuaian yang diperlukan. Ini termasuk penyesuaian pada suspensi, sistem kemudi, dan sistem lainnya. Dengan melakukan penyesuaian yang tepat, mobil Anda akan memiliki kinerja yang lebih baik dan memberikan pengalaman mengemudi yang aman.

  1. Pemeriksaan Garansi

Melakukan kapan servis pertama mobil baru adalah syarat yang biasanya diperlukan oleh produsen mobil untuk menjaga validitas garansi. Jika Anda melewatkan servis pertama ini, garansi mobil Anda mungkin tidak berlaku jika terjadi masalah di masa depan. Oleh karena itu, pastikan untuk mematuhi panduan servis yang diberikan oleh produsen mobil Anda.

Kapan Servis Pertama Mobil Baru?

Waktu yang tepat untuk kapan servis pertama mobil baru dilakukan dapat bervariasi, tergantung pada merek dan model mobil yang Anda beli. Namun, secara umum, kapan servis pertama mobil baru biasanya dilakukan setelah mobil telah menempuh jarak sekitar 1.000 kilometer atau dalam waktu sekitar 1 hingga 3 bulan setelah pembelian.

Penting untuk dicatat bahwa setiap produsen mobil dapat memiliki panduan servis yang berbeda. Untuk mengetahui dengan pasti kapan servis pertama mobil baru Anda dilakukan, disarankan untuk merujuk pada buku panduan servis yang disertakan oleh produsen mobil atau berkonsultasi dengan dealer resmi.

Apa yang Dilakukan Selama Servis Pertama?

Servis pertama pada mobil baru melibatkan beberapa langkah penting yang harus dilakukan oleh mekanik. Berikut adalah beberapa tindakan umum yang biasanya dilakukan selama kapan servis pertama mobil baru dilakukan:

  1. Penggantian Oli dan Filter

Pada servis pertama, oli mesin mobil Anda akan diganti dengan yang baru dan filter oli juga akan diganti. Ini penting untuk menjaga performa dan keawetan mesin mobil Anda. Oli mesin yang baru akan memastikan pelumasan yang optimal dan mencegah gesekan berlebihan antara komponen-komponen dalam mesin.

  1. Pemeriksaan Sistem Rem

Sistem rem akan diperiksa selama servis pertama untuk memastikan bahwa rem berfungsi dengan baik dan aman. Mekanik akan memeriksa ketebalan kampas rem, keausan pada cakram rem, dan melakukan penyesuaian jika diperlukan.

  1. Pemeriksaan Sistem Kelistrikan

Selama servis pertama, mekanik juga akan memeriksa sistem kelistrikan mobil, termasuk sistem pengisian baterai dan sistem pengapian. Pemeriksaan ini penting untuk memastikan bahwa semua komponen listrik berfungsi dengan baik dan mobil Anda dapat dinyalakan dengan lancar.

  1. Pemeriksaan Umum Lainnya

Selain itu, mekanik juga akan memeriksa berbagai komponen lainnya, seperti sistem suspensi, sistem pendingin, sistem kemudi, sistem knalpot, sistem pendingin udara, dan lain-lain. Mereka akan memeriksa kebocoran, keausan, atau masalah lainnya yang mungkin perlu diperbaiki atau disesuaikan.

Baca Juga: Ring Piston Mobil Aus, Ini Penyebab hingga Solusinya

Tune Up Jet Clean

Untuk servis pertama mobil baru yang prima dan menyeluruh, percayakan pada layanan tune up Jet Clean di Dokter Mobil bisa jadi solusi jitu dan ampuh untuk kembalikan performa mobil seperti baru.

Layanan tune up Jet Clean akan membersihkan seluruh komponen mesin yang terhubung dengan aktivitas pembakaran, mulai dari tangki bensin, throttle body, busi, injeksi, hingga catalytic converter. Seringkali performanya terganggu akibat tumpukan kerak karbon sisa pembakaran, kerak karbon ini akan dibersihkan dan disedot hingga bersih sehingga aktivitas pengapian di berbagai komponen mesin ini jadi lebih lancar dan performa mobil pun semakin optimal.

Ingin langsung coba tune up Jet Clean di Dokter Mobil untuk gurah ruang bakar mobil yang lebih optimal? Beberapa titik lokasi cabang Dokter Mobil ini bisa jadi alternatif cepat dan akurat untuk Anda tuju:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Proses reservasinya pun sangat mudah, Anda cukup menghubungi Dokter Mobil via WhatsApp di 0877-7760-0371 (atau hubungi di sini).

Pastikan untuk reservasi terlebih dahulu via WhatsApp karena ada banyak promo-promo kejutan yang bisa Anda manfaatkan!

Kesimpulan

Mengetahui kapan servis pertama mobil baru adalah langkah penting untuk memastikan kinerja optimal dan umur panjang mobil Anda. Dengan melakukan servis pertama yang tepat waktu, Anda dapat mencegah masalah yang lebih serius di masa depan dan memastikan mobil Anda tetap dalam kondisi prima.

Pastikan untuk memeriksa buku panduan servis yang disertakan oleh produsen mobil Anda atau berkonsultasi dengan dealer resmi untuk mengetahui jadwal servis yang tepat untuk mobil baru Anda dan percayakan pada Dokter Mobil. Karena apapun masalah mobilnya, di Dokter Mobil pasti beres! Gak beres? GRATIS!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3467

No votes so far! Be the first to rate this post.

SHARE THIS POSTā€‹

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers šŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ā¤ļø

Artikel Terbaru