fbpx
 
Posted by intan mobil Ganti Oli Mobil, service mobil

Penyebab Oli Rembes dari Blok Mesin Mobil dan Solusinya

Gejala timbul oli rembes dari blok mesin mobil sudah dipastikan oli mesin anda mengalami kebocoran. Jangan dulu panik, anda wajib tahu penyebab oli rembes dari blok mesin mobil.

Penyebab Oli Rembes dari Blok Mesin Mobil dan Solusinya

Waspadai jika oli mesin kendaraaan anda sudah rembes atau bocor. Seperti yang telaah kita ketahui bersama, bahwa oli merupakan komponen vital pada kendaraan. Jika mengalami kerusakan, tentu akan berdampak pada aktivitas berkendara anda. Selengkapnya, simak penyebab oli rembes dari blok mesin dibawah ini ;

1. Rembesan Di Bagian Ujung Kanan Depan dan Bagian Bawah Mobil

Jika anda mendapati rembesan oli yang berada di bagian ujung kanan depan serta bawah mobil, maka bisa dipastikan jika kebocoran ini disebabkan karena permasalahan pada seal kompresor. Hal ini juga terlihat dari warna rembesan oli yang merah atau jernih. Masalah ini harus segera diperbaiki sehingga tidak mempengaruhi ataupun merusak bagian lainnya seperti pompa oli power steering.

Kondisi ini juga dapat disebabkan karena kebocoran pada seal oil pump dan seal oil crankshaft. Bisa terlihat dari rembesan oli yang keluar terlihat tampak kotor. Anda harus segera memperbaiki kondisi ini agar tidak membuat timing belt cepat rusak.

2. Rembesan Pada Bagian Tengah Dekat Radiator

Penyebab oli rembes ini bisa disebabkan karena kebocoran yang terjadi pada seal crankshaft. Hal ini dapat terlihat dari warna oli yang keluar sama seperti oli yang masuk ke dalam mesin. Biasanya permasalahan ini terjadi pada tipe mobil RWD. Jika tidak segera diperbaiki dapat menjadi penyebab mobil berisik.

3. Rembesan Di Belakang Mesin Atau Dari Tempat Oli Transmisi

Kebocoran ini bisa terjadi disebabkan permasalahn pada seal crankshaft. Ciri-ciri yang dapat terlihat adalah rembesan oli sangat encer jika berasal dari mesin dan sangat kental jika berasal dari sistem transmisi. Jika tidak diperbaiki maka akan menyebabkan mobil kekurangan 2 oli  tersebut.

4. Rembesan Di Antara Kedua Ban Mobil Bagian Belakang

Jika kebocoran terjadi pada bagian ban belakang mobil, terutama yang dekat dengan seal untuk gardan maka penyebabnya bisa terjadi dikarenakan kerusakan pada seal. Untuk memperbaiki nya anda bisa mengganti seal dengan komponen yang baru.

5. Rembesan Di Belakang Dekat Wheel Drive

Jika kebocoran oli terdapat pada wheel drive, maka mungkin permasalahan diakibatkan karena kebocoran pada wheel drive. Ciri-cirinya dapat terlihat dari oli yang muncul adalah oli gardan. Jika tidak segera diperbaiki maka akan menyebabkan kerusakan pada transmisi yang dapat membuat anda mengeluarkan banyak biaya nantinya.

6. Rembesan Di Seal Roda Belakang

Kebocoran ini dapat terlihat dari ban dalam yang terdapat di bagian belakang mobil menjadi kotor. Jika tidak segera diatasi, maka hal ini bisa menyebabkan kerja sistem pengereman menjadi berkurang dan mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara.

7. Rembesan Di Bagian Roda Gigi Setir

Penyebab oli rembes yang satu ini dikarenakan adanya kebocoran pada seal kompresor. Dapat terlihat dari ciir ciri oli yang merembes menyebabkan setir mobil terasa sangat berat.

8. Rembesan Pada Ujung Knalpot

Penyebab terkahir, yakni rerembes melalui knalpot. Hal ini mungkin disebabkan karena kerusakan pada seal dan batang klep. Hal ini ditandai dengan tenaga mesin yang sering hilang serta oli yang cepat habis.

Solusinya Tepat Untuk Mengatasi Oli Rembesan

Untuk mencegah terjadinya oli yang merembes terus menerus, maka segera perbaiki kerusakan sesuai dengan penyebabnya. Hindari memperbaiki secara individu jika anda maasih awam dunia mesin. Sebaiknya, bawalah mobil anda ke bengkel service terdekat di kota anda. Cari tahu disini. Pastikan bengkel tersebut memang sudah teuji kualitas pelayanan dan hasilnya agar tidak mengecewakan. Jangan lupa juga untuk melakukan servis rutin sehingga dapat mengetahui lebih lanjut kondisi mobil anda.

Dapatkan bengkel service berkualitas hanya di Dokter Mobil

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, DomoLovers..

Tidak perlu takut mengenai biaya service di Dokter Mobil karena estimasi biaya service dapat diperlihatkan di muka sebelum melakukan service. Selain itu beberapa service di Dokter Mobil bersifat free alias GRATIS.

Itulah ulasan untuk mengetahui penyebab kebocoran pada oli. Semoga bermanfaat untuk anda..

 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button