fbpx
 
Posted by sukses besar Ganti Oli Mobil

Penyebab Oli Mobil Avanza Tidak Naik

Saat mengendarai mobil, seseorang juga harus tahu cara merawatnya agar mobil tetap berjalan dengan baik dan normal. Tanpa pemeliharaan yang baik, mobil juga bisa mengalami masalah yang tak jarang sulit untuk dibetulkan dan membutuhkan biaya yang banyak. Salah satu masalah yang cukup serius adalah masalah oli yang tidak mau naik. Masalah ini pun bisa terjadi pada mobil Avanza. Penyebab oli Avanza tidak naik ada bermacam-macam dan penting untuk diketahui. Berikut ulasan dan solusinya.

  1. Masalah Pada Bagian Oil Pump

    Kerusakan pada bagian komponen oil pump bisa menjadi masalah yang serius yang dapat menyebabkan oli tidak naik. Pada fungsinya, oil pump berfungsi untuk mengatur sirkulasi oli mesin. Sistem sirkulasi oli mesin diatur oleh oil pump atau pompa oli. Sehingga apabila ada masalah pada oil pump, sirkulasi mesin oli menjadi terganggu. Di dalam oil pump ini sendiri ada beberapa komponen seperti turbin dan crankshaft. Bila ada satu dari komponen yang saling berkaitan ini rusak,  alhasil, oli tidak bisa naik.
    Cara mengatasinya :
    Mengingat fungsi oil pump ini sangat penting untuk sirkulasi oli, maka jika terjadi masalah, perlu di cek dahulu tekanannnya. Jika terbukti ada masalah pada tekanan oli, maka penggantian atau perbaikan dari salah satu komponen saja tidak cukup. Untuk hasil terbaik, harus dilakukan penggantian secara keseluruhan. Mengganti dengan satu set pompa oli yang baru.

  2. Kerjan Oil Feed Mesin Mengalami Gangguan

    Salah satu penyebab oli Avanza tidak naik berikutnya adalah karena adanya masalah pada bagian Oil Feed mesin. Sesuai kegunaannya, oil feed mesin memiliki fungsi sebagai jalur oli yang mengedarkan oli mesin ke seluruh bagian mesin. Oil feed engine inilah yang menjadi penentu keberhasilan sirkulasi oli daru oil pan menuju ke cylinder head. Oil feed juga disebut dengan oil jet. Jika bagian saluran ini tersumbat oleh kotoran, maka bisa mengganggu saluran sehingga oli Avanza tidak naik.
    Cara Mengatasinya :
    Jika masalah oli tidak naik dikarenakan masalah pada oil feed engine yang tersumbat, maka satu-satunya solusi adalah dengan membersihkan kotoran. Jika tidak begitu paham soal mesin, maka pengemudi bisa menyerahkan ke mekanik yang lebih berpengalaman. Letak saluran ini berada di jantung mesin, untuk itu perlu dilakukan pembongkaran mesin. Cara membersihkannya bisa menggunakan semprotan pembersih karburator atau carbu cleaner. Setelah dibersihkan, pastikan juga untuk mengisi oli mesin dengan oli mesin yang baru.

  1. Volume Oli Berkurang

    Salah satu penyebab lainnya yang bisa membuat oli tidak naik, namun jarang diperhatikan adalah pada volume oli. Saat volume oli berkurang atau tidak maksimal isinya, pada saat itu pompa oli tidak dapat bekerja secara maksimal. Ini dikarenakan adanya banyak gelembung udara pada aliran oli. Gelembung udara yang berlebih ini membuat tekanan oli menjadi tidak stabil. Dengan tekanan yang tidak stabil ini membuat oli tidak dapat masuk ke kepala silinder. Berkurangnya volume pada oli bisa disebabkan oleh kebocoran pada mesin.
    Cara mengatasinya :
    Untuk mengatasi masalah dari volume oli yang berkurang ini kita perlu mengecek seluruh bagian mesin yang berkaitan dengan oli. Cek apakah ada bagian-bagian oli yang mengalami rembes dan untuk melakukan pengamatan ini perlu dilakukan cek secara mendalam. Jika tidak bisa melakukan cek sendiri mak bis menyerahkan kepada mekanik yang lebih berpengalaman.

  2. Filter Oli Yang Kotor

    Masalah selanjutnya yang bisa membuat oli tidak mau naik adalah karena filter oli yang kotor. Penyebab oli Avanza tidak naik ini dikarenakan adanya sumbatan di bagiam filter. Secara kegunaan, fungai filter adalah untuk menyaring atau membersihkan kotoran dan kerak di aliran oli. Bagian filter yang terus digunakan ini cenderung mudah kotor oleh kotoran yang mengendap. Jalur filter yang kotor bisa mengganggu peredaran oli juga.
    Cara mengatasinya :
    Mengatasi masalah filter oli yang kotor adalah dengan mengganti filter oli dengan filter oli yang baru. Pada dasarnya penggantian filter ini bisa dilakukan secara rutin agar performa mesin tetap terjaga. Penggantian secara rutin biasanya pada 5.000 hingga 10.0000 km.

Itulah beberapa penyebab oli Avanza tidak naik yang paling umum terjadi. Pengawasan, pengecekan, dan pemeliharaan yang rutin dapat membuat mobil menjadi lebih terawat karena bagian oli juga sangat penting untuk kerja mobil.

Baca juga : Penyebab oli mobil Avanza berkurang

Tags: ,

About Author

Call Now Button