Posted by Dokter Mobil Tune Up Mobil

Cara Merawat Mobil Grand Livina Matic dengan Baik dan Benar

Kerusakan biasanya terjadi karena cara merawat mobil grand livina matic yang anda lakukan selama ini kurang tepat. Lantas bagaimana cara yang benar?

Saat ini kebanyakan mobil sudah menggunakan transmisi matic, hal itu karena kemudahan untuk mengendarainya. Namun, perlu kita ketahui bahwa mobil matic mempunyai sisi kelemahan yang sangat rentan terutama pada bagian transmisi dan mesinnya.

Panduan Cara Merawat Mobil Grand Livina Matic yang Wajib Dilakukan

Mobil matic yang sudah mengalami kerusakan menjadi lebih rentan terjadi kerusakan berikutnya. Biaya yang dikeluarkan untuk servicenya jauh lebih mahal daripada mobil manual. Oleh karena itu, Anda perlu menjaganya dengan baik, agar mobil matic kesayangan Anda tidak sering mengalami kerusakan.
Ini adalah cara merawat mobil matic Anda agar tetap awet dan nyaman dikendarai. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :

1. Anda harus rajin mengecek oli pergantian pada mobil matic

Hal ini mungkin terlihat sepele dan banyak yang mengabaikannya. Tetapi, pergantian oli ini merupakan hal yang sangat penting, terutama untuk Anda yang sering membawa mobil ke luar kota. Jika Anda membiarkan oli tersebut begitu saja, tentu akan menyebabkan kerusakan pada bagian sistem transmisi mobil matic.

Oli sangat berfungsi untuk melumas mesin kendaraan Anda yang sangat berperan untuk meneruskan daya gerak mesin agar tetap berjalan lancar. Disarankan menggunakan oli khusus untuk mobil matic atau disebut automatic transmision fluid. Pergantian oli ini sebaiknya dilakukan jika mobil Anda sudah menempuh jarak antara 80.000 KM hingga 100.000 KM.

Jika anda ingin berkonsultasi mengenai masalah oli pada mobil Livina Matic, silahkan konsultasi dengan kami di nomor berikut ini:

Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366

klik WA untuk Menghubungi Cabang Bengkel Mobil Terdekat dengan Anda

2. Lakukan pengetesan jalan

Pengetesan jalan ini sebaiknya dilakukan beberapa bulan sekali. Pengetesan jalan ini dilakukan seperti Anda menjalankan mobil matic seperti biasanya. Cobalah memindahkan persneling. Anda perlu merakan perpindahan persneling itu dengan saksama, jika saat Anda memindahkannya terdengar suara bising dan mobil sedikit terguncang. Hal itu menandakan mobil matic Anda sedang mengalami masalah pada bagian transmisi. Jika hal ini sampai terjadi, segeralah bawa mobil matic Anda ke bengkel. Sebab transmisi merupakan hal yang vital bagi mobil.

3. Meneliti persneling

Sebagai pengguna mobil matic, Anda perlu menghindari penggunaan persneling “P” jika mobil matic Anda dalam keadaan berhenti. Bila Anda menggunakannya secara terus menerus, maka mobil Anda akan mengalami kerusakan pada bagian persnelingnya. Jika ingin memarkir, jangan gunakan persneling “D”. Cara terbaiknya adalah dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi “P”, saat Anda ingin parkir.

4. Memanaskan mobil

Sebelum Anda melakukan perjalanan jauh, sebaiknya lakukan pemanasan pada mobil Anda. Hal ini mungkin terlihat sepele, tetapi memiliki dampak yang cukup berarti bagi mobil Anda. Jika Anda terlalu sering tidak memanaskan mobil terlebih dahulu, maka mobil Anda akan mudah rusak. Perlu diketahui, ketika Anda melakukan pemanasan pada mobil, pastikan tuas transmisi pada posisi “N” (Netral).

5. Tune UP berkala untuk Grand Livina Matic

Tune up untuk mobil Livina matic tentu sedikit berbeda dengan manual. Oleh sebab itu, pastikan anda mencari bengkel mobil yang memang spesialis untuk Livina Matic ini.

Sembarangan memilih jasa tune up dapat menjadikan mobil justru lebih cepat rusak. Atau performa terbaiknya tidak bisa keluar.

Demikianlah beberapa cara merawat mobil grand livina matic untuk menjadikan performanya lebih tahan lama dan awet. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk memperhatikan mobil anda.

Tags:

About Author