📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Cara Mengganti Busi Mobil Avanza dengan Baik dan Benar

Cara Mengganti Busi Mobil Avanza dengan Baik dan Benar

Mobil Avanza merupakan salah satu mobil keluarga yang populer di Indonesia. Agar mobil Avanza tetap berjalan optimal, perawatan rutin diperlukan, termasuk penggantian busi secara berkala. Busi yang baik dan berfungsi dengan baik sangat penting bagi mesin mobil karena berperan dalam proses pembakaran bahan bakar. Jika Anda ingin melakukan penggantian busi mobil Avanza dengan baik dan benar, berikut adalah panduan langkah demi langkah yang detail dan lengkap.

Kiat Cara Mengganti Busi Mobil Avanza

Cara mengganti busi mobil Avanza perlu tindakan dan perlakuan yang tepat. Sebab jika busi mobil salah pasang, ada kemungkinan performa mobil jadi tak optimal dan bahkan alami kerusakan, lho. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa cara memasang busi mobil Avanza yang patut Anda perhatikan:

  1. Siapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses cara mengganti busi mobil Avanza, pastikan Anda memiliki semua alat dan bahan yang diperlukan. Persiapkan kunci busi sesuai ukuran yang diperlukan untuk membuka busi lama dan memasang busi baru. Selain itu, pastikan Anda memiliki busi mobil yang sesuai dengan spesifikasi mobil Avanza. Jika perlu, konsultasikan buku panduan mobil atau bengkel terpercaya untuk memastikan Anda menggunakan busi yang tepat saat melakukan cara mengganti busi mobil Avanza. Selain itu, persiapkan senter atau lampu kepala untuk menerangi ruang mesin dan kain bersih atau lap untuk membersihkan area sekitar busi.

  1. Matikan Mesin dan Diamkan Hingga Dingin

Sebelum memulai cara mengganti busi Avanza, pastikan mesin mobil Avanza dalam keadaan mati dan sudah cukup dingin. Mengganti busi pada mesin yang masih panas dapat berbahaya dan merusak komponen lainnya. Biarkan mesin mobil dingin selama minimal 30 menit sebelum melanjutkan proses penggantian busi. Ini akan memastikan bahwa mesin memiliki suhu yang aman untuk dioperasikan dan mengurangi risiko terjadinya luka bakar.

  1. Buka Penutup Busi

Langkah pertama cara mengganti busi mobil Avanza adalah membuka penutup busi pada mesin mobil Avanza. Penutup busi biasanya terletak di atas mesin dan sering ditandai dengan gambar petir atau kata “ignition” (pengapian). Buka penutup busi dengan hati-hati dan perlahan. Jika terdapat kabel busi yang menutupi akses ke busi, lepaskan kabel tersebut dengan hati-hati. Pastikan untuk tidak menarik kabel dengan keras agar tidak merusaknya saat lakukan cara mengganti busi mobil Avanza.

  1. Identifikasi dan Lepaskan Kabel Busi Lama

Setelah membuka penutup busi untuk cara mengganti busi mobil Avanza, Anda akan melihat beberapa kabel busi yang terhubung pada busi lama. Identifikasi urutan kabel busi yang terhubung pada busi lama dan pastikan Anda memiliki referensi atau catatan untuk memudahkan saat menghubungkan kembali kabel busi baru. Biasanya, kabel busi ditandai dengan nomor urut atau huruf yang sesuai dengan silinder mesin.

Misalnya, kabel busi nomor 1 terhubung pada silinder pertama. Lepaskan kabel busi satu per satu dengan cara memutar dan menarik dengan lembut. Pastikan untuk menarik pada bagian kepala kabel, bukan pada kabel itu sendiri, untuk menghindari kerusakan saat lakukan cara mengganti busi mobil Avanza.

  1. Lepaskan Busi Lama

Setelah kabel busi terlepas, gunakan kunci busi yang sesuai untuk membuka dan melepas busi lama untuk lakukan cara mengganti busi mobil Avanza. Putar kunci busi dengan hati-hati ke arah yang berlawanan jarum jam untuk membuka busi. Pastikan Anda tidak mendorong kunci busi dengan terlalu kuat agar tidak merusak bagian dalam lubang busi. Setelah busi terlepas, perhatikan kondisinya untuk menilai apakah busi perlu diganti. Periksa apakah busi terlihat aus, karbonisasi, atau memiliki elektroda yang rusak. Jika busi menunjukkan tanda-tanda keausan atau kerusakan, sebaiknya ganti dengan busi baru untuk menjaga kinerja mesin yang optimal.

  1. Periksa dan Sesuaikan Busi Baru

Sebelum melakukan cara mengganti busi mobil Avanza, periksa kembali busi yang akan dipasang. Pastikan busi yang akan Anda gunakan sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh produsen mobil Avanza. Periksa panjang dan jenis busi, serta pastikan bahwa elektroda busi dalam kondisi baik. Jika busi baru terlihat aus, rusak, atau tidak sesuai dengan spesifikasi, sebaiknya tukar dengan busi yang tepat sebelum melanjutkan ke langkah cara mengganti busi mobil Avanza berikutnya.

  1. Pasang Busi Baru dengan Hati-hati

Pasang busi baru dengan hati-hati dan perlahan. Gunakan tangan Anda untuk memasukkan busi ke dalam lubang busi sebagai cara mengganti busi mobil Avanza. Pastikan busi terpasang dengan rapi dan sejajar dengan permukaan mesin. Jika perlu, gunakan kunci busi untuk memperketat busi dengan sedikit torsi. Penting untuk tidak mengekstrimkan torsi agar tidak merusak benang pada lubang busi. Pastikan juga untuk tidak menyentuh elektroda busi dengan jari Anda atau benda lain saat memasangnya, karena minyak atau kotoran dari kulit Anda dapat mempengaruhi kinerja busi.

  1. Sambungkan Kembali Kabel Busi

Setelah melakukan cara mengganti busi mobil Avanza dan busi penggantinya sudah terpasang dengan baik, sambungkan kembali kabel busi sesuai dengan urutan yang sesuai. Gunakan catatan atau referensi yang Anda siapkan sebelumnya untuk memastikan bahwa kabel busi terhubung pada busi yang benar. Pastikan kabel busi terpasang secara akurat pada busi baru. Perhatikan juga kondisi kabel busi dan pastikan tidak ada kerusakan atau sobekan yang dapat mempengaruhi aliran listrik. Pastikan setiap kabel busi terpasang pada busi yang benar sesuai dengan urutan yang sesuai.

  1. Pasang Kembali Penutup Busi

Setelah semua kabel busi terpasang dengan benar, pasang kembali penutup busi dengan hati-hati untuk cara mengganti busi mobil Avanza. Pastikan penutup busi terpasang dengan baik dan aman. Periksa juga apakah ada kabel yang melintang atau mengganggu di sekitar area busi. Pastikan tidak ada kabel atau benda lain yang dapat mengalami kontak dengan busi, yang dapat menyebabkan gangguan atau bahkan kebakaran. Penutup busi memiliki fungsi penting untuk melindungi busi dari kelembapan, kotoran, dan kerusakan fisik.

  1. Uji Coba dan Periksa

Setelah semua langkah cara mengganti busi mobil Avanza selesai, nyalakan mesin mobil Avanza dan periksa apakah mesin berjalan dengan lancar. Dengarkan dengan seksama apakah ada suara yang tidak biasa atau getaran yang tidak normal. Perhatikan juga apakah ada bau atau asap yang tidak wajar. Jika semuanya terlihat normal, maka penggantian busi mobil Avanza Anda telah berhasil dilakukan.

Tak Yakin Pasang Busi Mobil Avanza Sendiri? Bawa ke Dokter Mobil Kelapa Gading Solusinya!

Lakukan cara mengganti busi mobil Avanza memang tak boleh sembarangan. Sebab jika asal pasang, ada kemungkinan kondisi mesin tak akan berjalan sebagaimana mestinya. Jadi jika Anda tak yakin kalau harus menangani sendiri, bawa mobil Avanza ke Dokter Mobil Kelapa Gading bisa jadi pilihan yang tepat.

Di Dokter Mobil Kelapa Gading, busi mobil Avanza Anda bisa diganti dengan yang baru dengan pemasangan yang tepat dan akurat secara presisi tanpa timbulkan masalah yang bikin risih.

Jika ternyata ruang mesin yang terhubung busi mobil terlihat kotor dan perlu pembersihan, layanan tune up Jet Clean di Dokter Mobil Kelapa Gading juga bisa jadi satu opsi pilihan yang bisa dilakukan.

Layanan tune up andalan dari Dokter Mobil Kelapa Gading ini berbeda dari kebanyakan tune up mobil lainnya. Tune up Jet Clean meliputi proses pembersihan menyeluruh di sistem pembakaran mobil, mulai dari busi, throttle body, dan sistem injeksi bahan bakar. Layanan ini membantu menghilangkan endapan karbon dan kotoran yang dapat mengganggu pembakaran dan kinerja mesin.

Dengan melakukan perawatan secara teratur, seperti tune up Jet Clean, Anda dapat memperpanjang umur mesin mobil, mengoptimalkan efisiensi bahan bakar, dan mencegah masalah yang lebih serius pada mesin.

Ingin langsung coba layanan Jet Clean-nya? Bagi Anda yang berdomisili di daerah Jakarta Utara, Bekasi, dan sekitarnya, cabang Dokter Mobil Kelapa Gading ini paling tepat untuk Anda tuju:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Proses reservasinya pun sangat mudah, Anda cukup menghubungi Dokter Mobil via WhatsApp di 0877-7760-0371 (atau hubungi di sini).

Pastikan untuk reservasi terlebih dahulu via WhatsApp karena ada banyak promo-promo kejutan yang bisa Anda manfaatkan!

Baca Juga: Mengapa Harus Tune Up Jet Clean?

Penutup

Cara mengganti busi mobil Avanza merupakan tugas yang dapat dilakukan dengan baik oleh pemilik mobil yang memiliki pengetahuan dasar tentang mesin. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat mengganti busi mobil Avanza dengan baik dan benar, memastikan mesin mobil berjalan optimal. Namun, jika Anda merasa tidak memiliki keterampilan atau pengetahuan yang cukup, disarankan untuk menghubungi bengkel terpercaya – Dokter Mobil Kelapa Gading – untuk dipasang dengan baik dan diberikan perawatan dengan tune up Jet Clean. Karena apapun masalah mobilnya, di Dokter Mobil pasti beres! Gak beres? GRATIS!

SHARE THIS POST​

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru