Posted by Dokter Mobil Tune Up Mobil

Langkah dan Cara Mengemudi Livina Matic Agar Kuat Nanjak

Diperlukan pengetahuan cara mengemudi livina matic agar kuat nanjak di jalanan curam. Jangan sampai mobil justru turun mundur.

Mobil matic memang memiliki nilai plus tersendiri, mulai dari segi kenyamanan dan kemudahannya, namun dibalik kelebihan itu tentu ada kekurangannya. Dalam berkendara kita dituntut untuk mengetahui dengan baik hal-hal yang berkaitan dengan mobil tersebut. Bukan cuma tahu soal mesin saja, kita juga perlu mengetahui bagaimana cara mengemudi mobil dengan baik dan benar.

Mengemudi mobil baik itu matic ataupun manual, bukanlah sekedar menggas dan mengerem saja. Tetapi sebagai pengemudi juga harus mengetahui keterampilan mengemudi sesuai dengan kondisi jalan, contohnya saat di jalan menanjak.

Cara Mengemudi Livina Matic Agar Kuat Nanjak di Jalanan Curam

Jika pengemudi tidak benar-benar paham bagaimana cara mengemudi mobil livina bertansmisi matic di jalan yang menanjak, bisa-bisa mobil malah berjalan mundur dan akan membahayakan pengguna jalan lainnya. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berkendara menggunakan mobil matic di jalan menanjak.

1. Perhatikan tingkat kecuraman tanjakan

Hal ini akan mempengaruhi tuas yang kamu gunakan. Perlu diketahui, tuas transmisi ada untuk posisi netral “N”, posisi parkir “P”, dan reverse atau melaju mundur “R”, dan kondisi mobil melaju ke depan “D”. Ditambah lagi dengan lambang D2 dan D1 atau L di bawah posisi D.

2. Cocokkan tuas transmisi dengan kondisi jalan

Saat kamu berada di jalan menanjak sekitar wilayah pedesaan atau pegunungan yang biasanya memiliki medan lebih curam, kamu tidak cukup jika hanya menggunakan mode D saja.
Kamu bisa menggunakan transmisi D2 untuk bisa melaluinya dengan mudah. Jika tanjakan dirasa semakin curam, kamu bisa menggunakan posisi D1. Posisi i i diibaratkan gigi 1 pada mobil manual. Posisi D1 digunakan untuk tanjakan yang sangat curam atau saat terjebat macet dan berjalan merayap di tanjakan.

3. Jangan injak rem saat pindah tuas dari D ke posisi D2 atau D1

Hindari menggunakan rem terlalu dalam saat akan pindah dari posisi D ke D2 atau D1. Kamu hanya perlu menekan tombol yang ada di tuas persneling untuk dapat memindahkan gigi.

4. Membiasakan dan terus berlatih menggunakan mobil matic di jalan menanjak

Ini adalah hal yang sangat penting, karena jika Anda tidak membiasakan diri dan tidak rajin berlatih akan sangat sulit mempraktikkannya. Dengan terbiasa dan rajin berlatih, akselerasi mobil matic jadi lebih bertahap yang hampir sama saat Anda sedang mengendarai mobil manual di posisi tanjakan.

Dari penjelasan di atas, kita bisa menarik sebuah kesimpulan. Bahwa sebenarnya berkendara mobil tidaklah terlalu sulit, jika kita benar-benar memahaminya. Sebaiknya, sebelum kita membeli sebuah mobil. Pahami dulu hal-hal kecil seperti cara mengemudi.

Cara Membuat Livina Lebih Mudah Melewati Tanjakan

Walaupun sudah mampu memahami cara berkendara, namun untuk melewati tanjakan terkadang masih cukup sulit. Apalagi jika tanjakan cukup curam, dan membawa barang bawaan yang cukup berat.

Ada beberapa solusi yang bisa diambil untuk mengatasi hal ini, antar alain adalah:

  • Lakukan Remap ECU Mobil

    Tujuannya adalah untuk meningkatkan tenaga mobil sehingga tanjakan curam dan beban berat sekalipun dapat dihadapi oleh Livina dengan mudah.

  • Piggyback PRO

    Sama halnya dengan remap, piggyback Pro juga membantu meningkatkan tenaga mobil sehingga mobil lebih mudah dikendarai di tanjakan.

  • Tune UP Mobil

    Sebelumg menghadapi jalur menanjak, sebaiknya pastikan mobil ditune up sehingga performa yang dihasilkan bernar-benar maksimal. Jangan sampai mobil dipaksa melewati tanjakan saat performanya sedang drop akibat penumpukan karbon di saluran bahan bakar.

Sekian informasi yang bisa kami berikan mengenai cara mengemudi Livina Matic agar kuat nanjak di jalanan curam. Semoga informasi yang kami berikan dapat menjadi sumber informasi yang bermanfaat. Jangan lupa untuk tetap merawat mobil anda dengan baik untuk mencegah turunnya performa mobil.

Tags:

About Author