Posted by Dokter Mobil bengkel mobil, Tune Up Mobil

Cara Melakukan Tune Up Mobil Avanza

Salah satu tujuan dari tune up mobil avanza atau servis antar lain adalah untuk memperbaiki kondisi mesin anda seperti kondisi semula. Serta membantu mengontrol mesin agar mencegah timbulnya masalah baru pada mobil anda. Selain itu, anda dapat mengujinya untuk mengetahui proses pembakaran pada mesin anda.

Memiliki mobil yang bagus dengan desain yang menarik adalah dambaan bagi setiap orang. Hal ini dikarenakan mobil adalah salah satu kendaraan yang nyaman dan enak untuk menemani perjalanan anda. Salah satu mobil yang sangat direkomendasikan adalah mobil Avanza dengan segala kelebihannya.

Solusi yang dapat anda terapkan adalah dengan melakukan tune up sehingga mobil anda dapat terawat dengan baik. Perawatan sangat wajib dilakukan agar mesin pada mobil anda lebih awet dan tahan lama.

Disarankan bagi anda untuk merawat dan menservis mobil anda sekurang – kurangnya setahun sekali atau enam bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk menjaga mobil anda agar tahan lama dan mesinnya juga awet. Selain servis di bengkel, jika anda mau belajar anda dapat menservis sendiri di rumah.

Mengapa anda harus memilih avanza untuk kendaraan anda? Hal ini dikarenakan banyak sekali hal menarik yang dapat menjadi keunggulan mobil avaza adalah: desainnya lebih baik, mesin irit bertenaga, harga jualnya pun stabil dan sparepart mudah dicari dan harganya pun sangat terjangkau.

Selain itu, ada beberapa kelemahan dari mobil avanza, antara lain adalah pada kecepatan tinggi dapat menyebabkan limbung. aki bermasalah yang menyebabkan mobil sulit untuk dihidupkan dan sirip pada ventilasi cepat pudar.

Cara melakukan tune up mobil Avanza antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Membersihkan filter udara

Langkah pertama adalah dengan membuka penutup filter. Namun, sayangnya kalau anda telah menjumpai banyak kotoran di dalamnya maka alangkah baiknya untuk diganti saja. Hal ini perlu diatasi karena jika tidak dibersihkan akan menimbulkan bahan bakar anda boros sehingga merugikan anda. Hal ini dikarenakan dapat memperdalamp ijakan pada pedal gas.

  1. Membersihkan lubang throttle body

Salah satu ciri mobil harus di bersihkan antara lain adalah adanya jelaga pada skep kupu – kupu. Caranya adalah dengan menyemprotkan karburator cleaner. Hal ini bertujuan untuk membersihkan jelaga agar tidak berkarat dan mengeras.

  1. Mengecek Kondisi busi

Pada umumnya busi terletak di bagian tengah, lebih tepatnya berada tertutup dengan rumah saringan udara. Untuk itu anda harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk melepasnya. Selain itu, anda dianjurkan untuk ganti yang baru apabila apabila di ground electrode dan center electrode ditemukan banyak jelaga.

Langkah – langkah untuk Tune Up Mobil Avanza

Berikut ini adalah beberapa langkah – langkah yang dapat anda gunakan untuk tune up mobil  avanza anda:

  1. Memasang perlengkapan untuk menservis mobil anda. Antara lain adalah fender cover, grill cover, steering cover, floor cover dan seat cover.
  2. Menyiapkan peralatan kerja seperti alat ukur tune up tester, multimeter, radiator tester, radiator cup tester dan lain – lain. Sedangkan peralatan servis lainnya antara lain adalah sebagai berikut kompresor, air gun dan kain lap yang bersih.
  3. Beberapa hal yang harus dicek saat mesin dingin antara lain adalah minyak pelumas, sistem pendingin, tali kipas, filter bensin, filter udara dan sistem pngapian.
  4. Saat mesin hidup anda dapat mengecek dwell  angle, putaran idle dan pengapian.
  5. Saat mesin dipanaskan maka anda dapat mengecek celap katub, istem kerja karburator, stel putaran die, kompresi serta percobaan menjalankan mobil anda.

Jika anda ingin mobil Avanza kesayangan mendapatkan perawatan secara profesional, silahkan menghubungi Dokter Mobil. Sebagai bengkel mobil dengan mekanik-mekanik handal, Dokter Mobil semakin mendekatkan diri pada anda.

Silahkan menghubungi salah satu cabang Dokter Mobil terdekat di bawah ini:

KELAPA GADING CIBUBUR
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No 6
Telp (021) 2245 4429 Jl. Alternatif Km 4
Chelsea : 087787133366 ☏ 085817653292
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Blok G9 No.8C
blok Orange no.5, Gading Serpong (Dekat Pintu Tol Becakayu)
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887 | WA : 087887589899

 

 

Tags:

About Author