šŸ“¢ SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   šŸ“¢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ā© Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol KlikĀ Disini

Panduan Cara Cek Mesin Mobil Bekas yang Komprehensif

Panduan Cara Cek Mesin Mobil Bekas yang Komprehensif

Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang bijaksana untuk menghemat uang dan memperoleh kendaraan yang dapat diandalkan. Namun, penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh pada mesin mobil bekas sebelum memutuskan untuk membelinya. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan cara cek mesin mobil bekas secara efektif. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat menghindari risiko membeli mobil bekas dengan masalah mesin yang tersembunyi.

Cara Cek Mesin Mobil Bekas

Paham cara cek mesin mobil bekas sangat penting karena mesin adalah komponen utama kendaraan yang menentukan kinerja dan keandalannya. Mesin yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan kerugian finansial yang signifikan dan memberikan pengalaman berkendara yang tidak menyenangkan.

Agar tak kebingungan dan ‘zonk’ saat akan beli mobil bekas, berikut adalah beberapa cara cek mesin mobil bekas yang bisa Anda lakukan dan perhatikan:

1. Pemeriksaan Visual

Cara cek mesin mobil bekas yang pertama adalah lakukan pemeriksaan visual pada mesin mobil bekas. Perhatikan apakah ada tanda-tanda kebocoran, kerusakan, atau tanda-tanda pemakaian berlebihan. Perhatikan juga apakah ada tanda-tanda perbaikan yang tidak berkualitas atau dilakukan dengan sembarangan. Ceklah semua bagian mesin secara menyeluruh, termasuk selang-selang, kabel-kabel, dan komponen-komponen lainnya.

2. Pemeriksaan Kondisi Oli

Selanjutnya, periksa kondisi oli mesin dengan menggunakan tongkat pengukur untuk cara cek mesin mobil bekas. Pertama, pastikan mesin dalam keadaan dingin. Lepaskan tongkat pengukur oli, bersihkan, dan masukkan kembali hingga batas akhir. Kemudian, tarik tongkat pengukur kembali dan perhatikan level oli yang terbaca. Selain itu, perhatikan juga warna dan kejernihan oli. Oli yang terlihat keruh, berwarna gelap, atau berbau aneh dapat menjadi tanda adanya masalah pada mesin.

3. Pemeriksaan Sistem Pendinginan

Periksa sistem pendinginan mobil bekas dengan memeriksa reservoir pendingin. Pastikan tidak ada tanda-tanda kebocoran atau kerusakan pada reservoir tersebut untuk cara cek mesin mobil bekas.

Perhatikan juga apakah cairan pendingin cukup dan warnanya masih segar. Jika cairan pendingin terlihat kotor atau berkarat, hal ini dapat menunjukkan adanya masalah pada sistem pendinginan.

4. Pemeriksaan Aki

Periksa kondisi aki mobil bekas untuk lakukan cara cek mesin mobil bekas. Perhatikan apakah ada korosi pada terminal aki dan apakah tegangan aki masih mencukupi. Anda juga dapat memeriksa apakah ada tanda-tanda kebocoran asam aki. Pastikan klem aki terpasang dengan kuat dan tidak ada kabel yang rusak.

5. Pemeriksaan Sistem Bahan Bakar

Periksa sistem bahan bakar mobil bekas dengan teliti untuk cara cek mesin mobil bekas. Perhatikan apakah ada kebocoran pada saluran bahan bakar, termasuk selang dan pompa bahan bakar. Pastikan juga pompa bahan bakar berfungsi dengan baik. Anda dapat memeriksa tekanan bahan bakar dengan menggunakan alat pengukur tekanan yang sesuai.

6. Pemeriksaan Sistem Pengapian

Periksa sistem pengapian mobil bekas sebagai cara cek mesin mobil bekas. Perhatikan apakah ada kerusakan pada busi dan kabel pengapian. Periksa juga sistem pengapian lainnya, seperti coil dan distributor. Jika ada kerusakan atau keausan pada komponen-komponen ini, dapat berpengaruh pada kinerja mesin.

Baca Juga: 12 Penyebab Mesin Mobil Diesel Susah Hidup

7. Pemeriksaan Komponen Tambahan

Langkah cara cek mesin mobil bekas yang terakhir, periksa komponen tambahan pada mesin mobil bekas. Perhatikan kondisi generator, starter, dan sistem pendingin udara (jika ada). Pastikan semua komponen ini berfungsi dengan baik dan tidak ada tanda-tanda kerusakan atau keausan yang serius. Jika diperlukan, Anda dapat meminta bantuan ahli otomotif untuk memeriksa komponen-komponen ini dengan lebih mendalam.

Pastikan Mesin Mobil Bekas Toyota Corona Selalu Prima dengan Tune Up Jet Clean di Dokter Mobil!

Tune Up Jet Clean

Setelah paham bagaimana cara cek mesin mobil bekas, kini saatnya Anda juga mengetahui apa langkah yang perlu diterapkan untuk perawatan mesin mobil bekas. Sebagai salah satu mobil bekas yang banyak dipilih, Toyota Corona memiliki kondisi mesin yang sedikit ‘butuh perhatian’. Sehingga melakukan cara cek mesin mobil bekas dan melakukan perawatannya adalah hal yang perlu dilakukan.

Nah, salah satu layanan yang bisa Anda tuju untuk jaga kondisi mesin mobil bekas Toyota Corona dengan terpercaya adalah dengan tune up Jet Clean di Dokter Mobil.

Layanan tune up Jet Clean akan membersihkan seluruh komponen mesin yang terhubung dengan aktivitas pembakaran, mulai dari tangki bensin, throttle body, busi, injeksi, EGR (di mobil diesel), hingga catalytic converter. Seringkali performanya terganggu akibat tumpukan kerak karbon sisa pembakaran, kerak karbon ini akan dibersihkan dan disedot hingga bersih sehingga aktivitas pengapian di ruang mesin jadi lebih lancar dan performa mobil pun semakin optimal.

Soal kualitas tak perlu khawatir, karena Dokter Mobil memiliki peralatan canggih berteknologi tinggi, teknisi yang ahli, serta SOP yang sistematis, sehingga penanganannya bisa sesuai dengan standar.

Ingin langsung coba layanannya untuk tune up Jet Clean untuk rawat mesin mobil bekas Anda? Beberapa titik lokasi cabang Dokter Mobil ini bisa jadi alternatif cepat dan akurat untuk Anda tuju dalam dapatkan service tune up Jet Clean segera:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Proses reservasinya pun sangat mudah, Anda cukup menghubungi Dokter Mobil via WhatsApp di 0877-7760-0371 (atau hubungi di sini).

Pastikan untuk reservasi terlebih dahulu via WhatsApp karena ada banyak promo-promo kejutan yang bisa Anda manfaatkan!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3467

No votes so far! Be the first to rate this post.

SHARE THIS POSTā€‹

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers šŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ā¤ļø

Artikel Terbaru