Posted by sukses besar Car Tuning, Mesin

Apa yang sebenarnya menjadi penyebab Avanza terbakar…?

Mobil bisa saja terbakar dan tidak jarang pada kasus mobil yang terbakar, termasuk dalam kasus yang cukup parah dan mengakibatkan banyak kerugian hingga korban jiwa. Kejadian ini tentu saja tidak diinginkan oleh siapapun juga. Tidak mengenal merek ataupun tipe mobil terbaru sekalipun, kasus kebakaran mobil bisa saja menimpa setiap merek dan jenis mobil, termasuk mobil Avanza. Penyebab Avanza terbakar bisa jadi bermacam-macam. Mengetahui penyebabnya akan membuat kita lebih berhati-hati dalam menjalankan dan merawat mobil kita.

Berikut ulasannya mengenai hal-hal yang dapat menjadi penyebab Avanza terbakar:

  1. Kabel Yang Sudah Lapuk

    Masalah terbakarnya sebuh mobil bisa terjadi karena ada kabel yang sudah lapuk atau rapuh. Kabel yang sudah rapuh, lapisan luarnya akan cenderung terbuka hingga akhirnya bisa mengelupas. Kabel yang mengelupas ini bisa saja bergesekan dengan kabel-kabel lainnya. Gesekan antar kabel ini bisa membuat percikan api yang bisa memicu terjadinya kebkaran pada mobil. Hal ini bisa ditandai dengan bau sangit atau terbakar. Jika hal ini terjadi, segera matikan mobil.

  2. Kondisi Kabel Yang Menumpuk Dan Pemasangan Aki Yang Kurang Tepat

    Penyebab Avanza terbakar selanjutnya adalah kondisi kabel aki yang menumpuk. Kabel yang menumpuk bisa menambah resiko gesekan antar kabel. Selain itu, bisa juga dikarenakan pemasangan aki yang kurang benar. Dalam hal ini bisa saja baut pada aki tidak dipasang secara kuat. Baut yang longgar bisa memicu adanya konsleting dan bisa menyebabkan mobil terbakar.

  3. Pemakaian Kabel Yang Tidak Sesuai

    Kabel bisa menjadi salah satu komponen yang paling riskan terkait kasus kebakaran. Pemilihan jenis kabel juga sangat berpengaruh. Pastikan sellau memilih kabel dengan ukuran dan jenis yang sesuai dengan mesin mobil Anda. Daya setrum pada komponen mesin pada mobil memiliki daya yang berbeda-beda, sehingga harus menggunakan jenis dan ukuran kabel yang sesuai. Bila tidak sesuai, maka bisa menimbulkan konsleting listrik pada mobil.

  4. Selang Bahan Bakar Sudah Rusak

    Selang bahan bakar mobil bisa menjadi salah satu bagian yang paling penting untuk diperhatikan. Meski terlihat sepele, namun selang bahan bakar yang sudah rusak dan tidak layak bisa memungkinkan terjadinya percikan api yang bisa membuat mobil terbakar dan meledak.

  5. Pipa Knalpot Mengalami Kebocoran

    Kebakaran pada mobil bisa terjadi karena pipa knalpot mengalami kebocoran. Pipa knalpot yang bocor akan memungkinkan bahan bakar untuk menguap apabila terkena panas. Meski proses penguapan bahan bakar ini berlangsung cukup lama, namun lama kelamaan penguapan bensin ini juga menjadi salah satu pemicu terjadinya kebakaran.

Baca juga : Penyebab AC Mobil Avanza Mati

Siapapun pasti tidak ingin hal ini terjadi dan mobil yang terbakar merupakan salah satu hal yang mengerikan. Untuk itu kita dapat mengupayakan beberapa cara antisipasi yang bisa dilakukan untuk pencegahan agar tidak terjadi semakin parah.

Cara mengantisipasi terjadinya kebakaran pada mobil:

  1. Periksa dan Ganti Kabel Yang Sudah Lapuk

    Karena kabel yang mengelupas bisa menjadi slah satu faktor utama terjadinya percikan api dan kebakaran, untuk itu selalu cek kondisi kabel-kabel pada mesin mobil anda. Segera ganti kabel yang sudah mengelupas dengan yang baru.

  2. Perhatikan dan Cek Pemasangan Aki

    Pemasangan aki yang kurang tepat juga bisa menyebabkan terjadinya konsleting listrik. Baut yang longgar juga bisa memicu konslet dan menyebabkan kebakaran. Untuk itu pastikan baut-baut dan kabel aki selalu teropasang dan tertata dengan benar.

  3. Pilih Kabel Yang Sesuai

    Pemilihan kabel bisa menjadi salah satu hal penting. Setrum pada tiap komponen dan mesin memiliki daya yang berebeda-beda. Jika menggunakan kabel yang tidak sesuai kebakaran bisa saja terjadi. Pilihlah kabel sesuai dengan jenis dan ukurannya. Pilih kabel yang memang seusuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin di mobil anda.

  4. Mengganti Selang Bahan Bakar Yang Rusak

    Selang bahan bakar yang rusak bisa menjadi penyebab Avanza terbakar. Bahkan tidak mungkin, mobil bisa langsung meledak dalam kurun waktu yang tidak lama. Periksa kondisi selang bahan bakar anda dan segera gantin dengan yang baru apabila sudah rusak atau lapuk.

  5. Periksa Kondisi Pipa Knalpot Mobil

    Pipa knalpot mobil yang rusak atau bocor bisa membuat bensin menguap apabila terkena panas. Periksa secara berkala pipa knalpot anda. Bila perlu langsung diganti dengan yang baru dengan jenis dan spesifikasi yang sesuai.

Kebakaran pada mobil memang bisa disebabkan oleh banyak hal. Dengan mengetahui penyebab Avanza terbakar ini diharapkan akan membuat kita semakin waspada serta lebih peduli terhadap kondisi mobil agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk menjaga agar kelistrikan dan keseluruhan mobil tetap aman, perawatan berkala perlu dilakukan. Dokter Mobil adalah bengkel mobil dengan spesialisasi salah satunya untuk mobil Avanza. Silahkan lakukan pengecheckan kondisi mobil anda di salah satu cabang Dokter Mobil berikut ini:

KELAPA GADING CIBUBUR
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No 6
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429 Jl. Alternatif Km 4
Phone / WA – Aurell : 087880884576 ☏ 085817653292
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Pondok Kelapa
blok Orange no.5, Gading Serpong (Dekat Pintu Tol Keluar Becakayu)
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887

Demikianlah informasi penyebab mobil Avanza terbakar yang bisa kami berikan. Pastikan keselamatan berkendara menjadi prioritas kita bersama. Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini.

Tags: , ,

About Author