fbpx
 
Posted by Dokter Mobil AC, Masalah AC Mobil Bunyi

Penyebab Kompresor AC Mobil Bunyi Kasar dan Solusinya

Solusi Mengatasi Penyebab Kompresor AC Mobil Bunyi Kasar dan Berisik

Biasanya penyebab kompresor AC mobil bunyi kasar adalah kurangnya oli, adanya gram besi, dan bearing longgar. Ini solusi untuk mengatasinya. Pastikan untuk segera melakukan service demi menghindari kerusakan yang lebih serius terjadi.

Dengan mengetahui penyebab masalah, maka penyelesaian masalah bisa lebih akurat. Bahkan anda bisa menyelesaikan sendiri masalah tersebut.

Faktor Penyebab Kompresor AC Mobil Bunyi Kasar

Ada banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan kompresor AC mobil bunyi. Untuk jenis bunyi kasar, ada beberapa penyebabnya. Di antaranya adalah:

  1. Kekurangan Oli Kompresor

    Kompresor AC mobil memerlukan oli sebagai pelumas. Sayangnya, banyak pemilik mobil yang tidak mengetahui hal ini. Akibatnya, penggantian oli kompresor tidak diperhatikan. Dan jika dibiarkan, kompresor bisa jebol karena tidak ada pelumas yang menagani gesekan logam.

  2. Adanya Gram Besi di Dalam Kompresor AC Mobil

    Gram-gram besi akibat gesekan logam bisa menyebabkan bunyi kasar dari dalam kompresor AC mobil. Untuk mengurangi dan membersihkan mesin kompresor dari gram besi bisa dengan memflushing kompresor AC mobil.

  3. Bearing yang Longgar

    Pemasangan yang tidak pass menyebabkan bearing mobil longgar dan menyebabkan bunyi getaran menjadi lebih besar. Akibatnya bunyi kasar sangat terasa. Untuk menyelesaikan masalah ini, maka pengencangan tiap komponen harus dilakukan.

  4. Freon yang Jumlahnya Tidak Pass

    Jika freon terlalu banyak, atau jika freon terlalu sedikit, kompresor biasanya akan mengeluarkan bunyi berisik. Dan semakin lama bunyinya akan semakin keras. Untuk mengatasi hal ini, maka anda bisa mengechek volume freon. Jika volume freon tidak sesuai dengan standart pada buku manual, maka melakukan isi ulang freon sangat diwajibkan.

Namun selain keempat hal tersebut, masih ada beberapa hal lain yang menyebabkan kompresor AC mobil berbunyi kasar. Oleh sebab itu, pengecheckan secara mendetail perlu dilakukan. Jangan sampai masalah ini dibiarkan dan menyebabkan masalah serius muncul. Misalnya kompresor jadi jebol, atau kompresor membebani komponen lain sehingga komponen lainnya menjadi lebih cepat uzur.

Demikianlah beberapa penyebab kompresor AC mobil bunyi kasar dan bagaimana mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk menyelesaikan masalah Domolover. Dan memastikan masalah lebih serius tidak terjadi.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button