fbpx
 
Posted by intan mobil AC

AC Mobil Tiba-Tiba Panas? Kenali Penyebab dan Cara Atasinya

ac mobil panas

Jangan biarkan moment perjalanan anda terganggu sebab AC mobil panas. Rasa gerah dan pengap menyelimuti kabin membuat perjalanan semakin tidak menyenangkan. AC yang seharusnya memberikan rasa kesejukan dan kenyamanan pengguna mobil, justru mengubah keadaan seperti menaiki angkutan umum. Kesal bukan?

Penyebab AC Mobil Tiba-Tiba Panas

Ketahui penyebab umum ketika AC mobil tiba-tiba jadi panas. Simak selengkapnya dibawah ini;

1. Masalah pada Freon AC Mobil

Freon AC mobil dapat mengalami penurunan kualitas sehingga tidak lagi dapat memberikan hawa dingin. Alih-alih memberikan hawa dingin, freon ini justru memberikan hawa panas yang dapat membuat siapapun di dalam mobil menjadi tidak nyaman.

Penyebab penurunan kualitas freon AC mobil ini adalah adanya panas yang merusak kualitas freon AC mobil. Panas-panas tersebut dapat berasal dari:

– overheting mesin mobil
– kebocoran pada saluran pembuangan (knalpot mobil)
– mesin kompresor yang kepanasan akibat kekurangan oli kompresor

2. Evaporator AC Mobil yang Kotor

Kerusakan kompresor AC akibat banyaknya kotoran dapat menyebabkan AC mobil mengeluarkan hawa panas, bau, dan membawa penyakit.

Untuk mengatasi hal ini, anda perlu mencuci evaporator AC mobil secara berkala.

3. Overheating pada Mesin

Mesin mobil yang terlalu panas dapat menyebabkan hawa dingin yang hendak dikeluarkan oleh AC mobil kehilangan dinginnya. Akibatnya, hawa dingin tersebut berubah menjadi hawa panas mesin mobil.

Hawa panas ini ketika dihembuskan oleh blower AC akan menyebabkan hawa yang keluar terasa panas dan pengap.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga mesin mobil agar tidak mengalami overheating dengan cara rutin memberikan pergantian oli mesin mobil.

4. Rusaknya Kompresor AC Mobil

Rusaknya kompresor AC mobil dapat menyebabkan proses pendinginan udara tidak bekerja. Akibatnya, blower AC mobil hanya menghembuskan angin saja. Dan angin yang dihasilkan ini karena tercampur hawa mesin dan kotoran di dalam saluran AC, menjadi terasa panas dan bau.

Adapun beberapa komponen kompresor AC mobil yang kerap bermasalah antar lain adalah magnetic clutch, fan belt, dan kipas AC mobil.

5. AC Mobil yang Tidak Cocok dengan Mobil Anda

Jika anda menggunakan AC mobil yang tidak cocok dengan jenis mobil anda, kerja AC mobil akan terkendala. Alih-alih mampu melakukan proses pendinginan, hawa yang dikeluarkan akan menjadi hawa yang tidak sedap.Hawa tidak sedap ini akan terasa pengap dan panas karena mengandung kotoran yang tidak mampu disaring dengan baik oleh sistem kondensor AC mobil.

Itulah artikel untuk menjawab permasalahn mobil anda. Sudah tahu apa yang harus dilakukan? Selamat mencoba.. Good Luck..

Baca artikel bermanfaat lainnya di Dokter Mobil

Punya keluhan seputar AC Mobil? Hubungi CS Dokter Mobil Sekarang Juga.

Ungkap permasalahan mobil anda dengan komentar di kolom bawah ini..

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button