fbpx
 
Posted by sukses besar Uncategorized

3 Faktor Penyebab Mesin Mobil Grand Livina Bergetar

Mobil terdiri dari banyak komponen, hal ini lah yang dapat membuktikan bahwa bukan hanya setir saja yang bisa bergetar pada mobil. Mesin mobil Anda juga bisa mengalami getaran hebat, ini terjadi jika salah satu komponen pada mesin mobil Anda ada yang rusak dan sudah tidak layak pakai lagi.

Pastinya hal ini sangat mengganggu kenyamanan Anda sendiri saat berkendara, umumnya getaran tersebut akan sangat berasa bila mobil Anda sedang langsam. Bila hal ini terjadi pada jalan yang sedang macet, maka getaran mobil tersebut sangat terasa sekali ke dalam kabin mobil Anda dan membuat berisik pada getarannya yang ke mana-mana, seperti pada dashboard atau komponen lainnya juga ikut bergetar dan mengeluarkan suara berisik.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai penyebab mesin mobil Grand Livina bergetar serta cara mengatasinya. Langsung saja mari kita simak penjelasannya.

  1. Busi mobil

Hal yang pertama yang harus Anda perhatikan jika mesin mobil Anda bergetar yaitu melakukan pengecekan pada komponen busi mobil kamu, apabila busi pada mobil ada salah satu yang rusak atau mati. Hal ini lah yang akan membuat mesin mobil kamu bergetar alias pincang. Untuk mengatasinya periksa lah pengapian busi apakah masih maksimal dengan cara membuka busi dan menempelkan pada bagian logam lain yang ada di mobil Anda. jika mobil Anda sedang pada posisi starter dan api busi berwarna biru, maka busi tersebut masih dalam keadaan baik. Namun jika mobil Anda apinya berwarna merah atau kuning, dapat dipastikan busi mobil kamu tersebut kinerjanya sudah kurang maksimal dan mengalami masalah. Apabila Anda menemukan busi sudah berpengapian berwarna kemerah-merahan, segera lah ganti busi yang berpengapian berwarna merah tadi dengan busi yang lebih baru.

  1. Engine mouting

Cara yang kedua yang bisa Anda lakukan adalah cek pada bagian engine mounting mobil Livina Anda, apakah engine mounting yang ada pada mobil masih bekerja dengan baik, bila engine mounting kamu masih bekerja dengan baik, maka karet dan baut engine mounting tersebut tidak goyang sama sekali pada posisi mobil mesin yang dihidupkan. Jika Anda menemukan posisi mobil yang sedang hidup dan mesinnya bergerak atau bergetar pada bagian baut dan karet (engine mounting) penyanggah mesin ke sasis tersebut goyang, segera ganti engine mounting kamu dengan yang lebih baru. Caranya yaitu kendurkan baut engine mounting mobil Anda dan dongkrak secara perlahan pada bagian mesin mobil kamu, jika posisi mesin sudah di tahan dengan dongkrak segera lepaskan seluruh baut engine mounting dan copot engine mounting tersebut dari posisi mesin dan juga sasis mobil kamu Anda. Bila ingin lebih aman Anda bisa menggantung mesin mobil milik Anda dengan sebilah tali dan sebatang bambu untuk menahan sekaligus mengikat tali tersebut.

  1. Karburator

Cara yang ketiga yaitu dengan cara mengecek pada bagian karburator mesin mobil Livina Anda, periksa di bagian valve dan idle pada karburator mobil Anda. Jika mobil Anda menggunakan sistem karburator, lalukan dengan cara menyetel perlahan demi perlahan valve dan idle pada bagian karburator tersebut. Lihat pada bagian valve karburator dengan cara mengontak kunci mobil lalu hidupkan, setelah itu matikan lagi mesin mobil Anda. Anda coba lihat ke dalam bagian karburator mobil Anda apakah ada bensin lebih yang masuk jika kunci kontak sudah off. Apabila kunci kontak sudah off dan Anda menemukan masih ada asupan bensin lebih pada mesin mobil Anda segera lah untuk service karburator mobil Anda ke tukang service karburator yang handal,  dan jangan lupa untuk sekalian membersihkan seluruh bagian dalam karburator agar mobil Anda kinerjanya kembali maksimal.

Itulah beberapa penyebab mesin Grand Livina bergetar sehingga pengalaman anda mengemudi menjadi kurang nyaman. Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat. Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca.

Baca juga : Penyebab mobil Grand Livina kurang tenaga

Tags:

About Author