New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
10 Hal Yang Wajib diCek Oleh Pemilik Mobil di Pagi Hari

10 Hal Yang Wajib Di CEK Oleh Pemilik Mobil di Pagi Hari

1. Sebelum mengecek permukaan oli mesin, pastikan mesin dalam kondisi dingin terlebih dahulu. Apabila dalam kondisi panas, permukaan oli akan naik karena pemuaian oli mesin. Sehingga tidak valid.

2. Apabila permukaan oli berada dibawah batas standard dapat Anda tambahkan. Namun tidak perlu terlalu banyak hingga melebihi batas maksimal. Penambahan oli mesin yang terlalu banyak dapat memperlambat putaran mesin sehingga performa mesin menjadi turun.

3. Perhatikan Jarak Tempuh Mobil. Karena kesibukan atau yang lain kadang pengemudi kurang memperhatikan jarak tempuh mobil untuk penggantian oli berikutnya. Jarak tempuh yang aman dalam mengganti oli mesin adalah antara 4000 km hingga 6000 km tergantung dari kondisi mesin dan kualitas oli yang digunakan.

Cek level oli rem, pastikan sudah penuh. Oli rem tidak boleh lebih maupun kurang, isikan dengan pas.Minyak rem, lihatlah warna minyak rem apakah masih bagus atau tidak. Minyak rem yang masih bagus berwarna merah.

1. Apabila tabung tersebut berbahan logam, maka Anda bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan dipstick yang biasanya terdapat pada tutup tabung. Namun jika tabungnya terbuat dari plastik yang tembus pandang, maka pemeriksaannya lebih mudah karena bisa dilihat dengan jelas. Akan tetapi kadangkala untuk memeriksa ketinggian dari oli Mobil pengemudi harus menyalakan Mobil terlebih dahulu, setelah itu dengan menggerakkan kemudinya supaya mendapatkan hasil yang akurat. Pada umumnya terdapat gradasi yang terdapat pada dipstick. Gradasi ini sebagai penunjuk ketinggian oli yaitu posisi cold saat mesin dingin dan hot ketika mesin panas. Kadangkala hanya terdapat tulisan Max dan Min saja. Jadi Anda harus memastikan ketinggian oli sesuai tanda, jika kurang Anda harus menambahkan oli power steering.

2. Selanjutnya adalah memeriksa kondisi oli power steering, apakah masih bagus atau sudah tidak layak digunakan. Untuk memeriksanya bisa dengan mengelap dipstick lalu masukkan kembali dan tarik kembali baru dilakukan pengecekan. Selain itu lihat warna olinya, jika sudah berwarna hitam atau coklat itu tandanya oli sudah tidak bagus. Jika berwarna tersebut maka oli sudah terkontaminasi dengan karet dari ring, seal atau selang.

3. Untuk menambah oli power steering diharapkan secukupnya saja. Ikuti tanda yang berada pada tabung atau dipsticknya. Selain itu pastikan bahwa oli yang Anda gunakan berkualitas dengan tingkat kekentalan sesuai dengan sistem power steering pada Mobil Anda. Dari pihak pabrikan tidak menganjurkan menggunakan oli transmisi untuk mengisinya, karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan fungsi dari power steering. Penting: Saat menambahkan oli power steering jangan sampai berlebihan,

Nyalakan saat mobil menyala, tapi jangan saat mobil sehabis berjalan jauh. Karena hal ini akan membuat pada kondisi terpanasnya. Siapkan kertas tisu, untuk melap deep stick. kemudian masukan lagi deep stick sampai mentok, tarik lagi. Jika ketinggian oli di gerigi kedua, tandanya oli berkurang. artinya perlu ditambahakan. sesuaikan dengan spesifiskasi dari mobil tersebut.

Cara mengecek air radiator: matikan mesin mobil dan biarkan mesin mobil dingin terlebih dahulu. Biasanya tanki reservoir ada disebelah sisi ruang mesin. Jumlah coolant yang tepat mencegah terjadinya overheat pada mesin. Periksalah air radiator minimal setiap kali anda melakukan servis rutin. Pada tanki reservoir ketinggian coolant harus pas dengan atau sedikit melebihi garis (atas panah) tambahkan coolant kija ketinggian sudah d bawah garis. Gunakan coolant bebas silika, isi dengan tinggi minimum coolant. Bila perlu bisa ditambahakan coolant pre-mix, terakhir tutup coolant dengan benar.

Komponen yang satu ini cukup penting saat musim hujan tiba. Karena wiper merupakan tumpuan utama untuk menjaga visibilitas pengemudi, tanpa adanya wiper maka pengemudi tidak bisa mengendalikan kemudi dengan baik saat hujan turun dengan deras dan yang lebih fatalnya lagi bisa menyebabkan kecelakaan.

1. Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah dengan mengecek terlebih dahulu kondisi pada karet wiper di mobil. Biasanya kondisi wiper yang baik yaitu dengan tidak adanya retakan pada karet wiper. Apabila kamu menemukan retakan atau karet yang sudah lapuk ada baiknya langsung ganti pada bagian karet wiper mobil tersebut.

2. Langkah yang kedua yaitu dengan membersihkan wiper mobil yang sudah benar-benar dalam keadaan baik. Saat membersihkan wiper mobil jangan mengelap pada pinggiran karet karena di pinggiran karet tersebut terdapat bagian komponen lapisan kimia yang menjaga elastisitas wiper. Jadi, saat kamu mengelap pinggiran karet wiper tersebut maka cairan yang menjaga elastisitas wiper akan hilang. Kemudian saat membersihkan sebaiknya untuk memasang stand agar karet tidak menempel pada kaca mobil dengan begitu kaca mobil tidak akan terganggu.

3. Langkah ketiga kamu bisa menggunakan cairan khusus pembersih wiper yang tersedia di bengkel mobil. Setelah membeli cairan khusus untuk membersihkan wiper mobil, kamu bisa tuangkan cairan wiper tersebut bersama dengan air ke dalam sebuah wadah. Lalu cairan tersebut bisa digunakan untuk membersihkan wiper. Setelah wiper sudah bersih maka kamu bisa memeriksa wiper secara berkala pada bagian poros wiper.

Idealnya, untuk mobil-mobil menengah atau sedang nilai tekanannya itu berkisar antara 30 hingga 32 PSI di mana nilai ini bisa menunjang stabilitas berkendara Anda. Sedangkan mobil yang lebih kecil tentu tekanannya lebih kecil antara 28-30 PSI saja.

memelihara tekanan ban:
1. Lihat beban mobil
2. Usahakan agar tidak over capacity
3. Sebaiknya pastikan konidis roda dingin saat kita mengisi angin
4. Perhaikan pentil ban, dan jangan sampai hilang. bilang hilang gantilah dengan yang baru/.

Bermanfaat sebagai penanda berbelok, kebutuhan di waktu gelap ataupun berkabut ini akan sangat membantu memperjelas penglihatan pengemudi, pastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Saat kendaraan sudah mulai sering sulit di-starter, Anda sebaiknya mulai memeriksa komponen ini. Biasanya, mobil akan langsung menyala saat distarter sebanyak satu kali atau dua kali.

1. Apabila starter harus dilakukan sampai tiga kali atau lebih baru bisa menyala, anda sebaiknya segera mengecek kondisi aki atau melakukan pergantian.

2. Tanda lain aki sudah mulai rusak ialah nyala lampu mobil sudah tidak seterang biasanya dan klakson tidak lagi senyaring seharusnya. Hal pertama yang harus dilakukan ialah mengingat sudah berapa lama aki tidak mengalami pergantian, apabila sudah lebih dari 10 bulan, bisa jadi kendaraan sulit dihidupkan karena aki harus mengalami pergantian.

3. Namun jika aki baru saja diganti atau digunakan, kerusakan mungkin terjadi pada komponen lain. Selain itu, cek indikator yang terdapat pada aki untuk memastikan apakah komponen ini masih bekerja secara maksimal.

Apabila indikator tampak berwarna merah maka aki harus segera diganti karena sudah soak. Tapi jika indikator berwarna putih, maka aki harus segera di-charge dan warna biru menunjukkan aki masih dalam kondisi prima.

1. Asap abu-abu yang keluar dari knapot mobil matic mengindisikan adanya kerusakan pada oli transmisi. Bisa jadi jumlah oli di dalam tangki berlebih atau mengalami rembes.

Mobil pada umumnya, warna asap knalpot abu-abu menandakan adanya kerusakan pada katup positive crankcase ventilation (PCV). Katup tersebut bisa jadi mengalami kemacetan sehingga uap dan gas yang masuk dari ruang mesin tak dapat terkontrol.

2. Bila asap putih yang keluar masih tampak tipis, itu berarti ada problem pada bagian kondensasi dalam kanal knalpot. Biarpun begitu, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena kerusakan tersebut bukanlah hal yang terlalu serius.

Beda halnya bila asap putih yang keluar cukup pekat dan tebal. Hal ini menandakan bahwa ada masalah pada sistem pembakaran dari mobil tersebut. Penyebabnya sendiri disebut-sebut adalah masuknya oli ke dalam ruang pembakaran.

3. Bila warna asap knalpot menghitam, bisa jadi mobil Anda mengalami masalah pada sistem pembakarannya. Bahan bakar yang tersirkulasi terlalu banyak dan juga tidak terbakar sempurna. Alhasil, asap knalpot yang keluar pun menjadi sangat pekat.

Asap hitam pun dapat mengindikasikan masalah pada saringan udara, injector, karburator, atau kebocoran kompresi. Agar masalah sebenarnya dapat diketahui dengan jelas, sebaiknya periksakan mobil Anda ke bengkel secepatnya.

4. Mengeluarkan asap pekat berwarna kebiru-biruan. Hal ini ternyata menandakan bahwa ada oli yang ikut terbakar di dalam mobil mesin Anda.

Ada juga penyebab lain dari keluarnya asap dengan warna kebiruan ini. Hal tersebut di antaranya adalah kerusakan pada ring piston yang aus sehingga oli jadi bocor, blower turbo yang sudah lama dan harus diganti, serta terjadinya blown gasket.

1. Sebelum mengecek permukaan oli mesin, pastikan mesin dalam kondisi dingin terlebih dahulu. Apabila dalam kondisi panas, permukaan oli akan naik karena pemuaian oli mesin. Sehingga tidak valid.

2. Apabila permukaan oli berada dibawah batas standard dapat Anda tambahkan. Namun tidak perlu terlalu banyak hingga melebihi batas maksimal. Penambahan oli mesin yang terlalu banyak dapat memperlambat putaran mesin sehingga performa mesin menjadi turun.

3. Perhatikan Jarak Tempuh Mobil.
Karena kesibukan atau yang lain kadang pengemudi kurang memperhatikan jarak tempuh mobil untuk penggantian oli berikutnya. Jarak tempuh yang aman dalam mengganti oli mesin adalah antara 4000 km hingga 6000 km tergantung dari kondisi mesin dan kualitas oli yang digunakan.

Cek level oli rem, pastikan sudah penuh. Oli rem tidak boleh lebih maupun kurang, isikan dengan pas.Minyak rem, lihatlah warna minyak rem apakah masih bagus atau tidak. Minyak rem yang masih bagus berwarna merah.

1. Apabila tabung tersebut berbahan logam, maka Anda bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan dipstick yang biasanya terdapat pada tutup tabung. Namun jika tabungnya terbuat dari plastik yang tembus pandang, maka pemeriksaannya lebih mudah karena bisa dilihat dengan jelas. Akan tetapi kadangkala untuk memeriksa ketinggian dari oli Mobil pengemudi harus menyalakan Mobil terlebih dahulu, setelah itu dengan menggerakkan kemudinya supaya mendapatkan hasil yang akurat. Pada umumnya terdapat gradasi yang terdapat pada dipstick. Gradasi ini sebagai penunjuk ketinggian oli yaitu posisi cold saat mesin dingin dan hot ketika mesin panas. Kadangkala hanya terdapat tulisan Max dan Min saja. Jadi Anda harus memastikan ketinggian oli sesuai tanda, jika kurang Anda harus menambahkan oli power steering.

2. Selanjutnya adalah memeriksa kondisi oli power steering, apakah masih bagus atau sudah tidak layak digunakan. Untuk memeriksanya bisa dengan mengelap dipstick lalu masukkan kembali dan tarik kembali baru dilakukan pengecekan. Selain itu lihat warna olinya, jika sudah berwarna hitam atau coklat itu tandanya oli sudah tidak bagus. Jika berwarna tersebut maka oli sudah terkontaminasi dengan karet dari ring, seal atau selang.

3. Untuk menambah oli power steering diharapkan secukupnya saja. Ikuti tanda yang berada pada tabung atau dipsticknya. Selain itu pastikan bahwa oli yang Anda gunakan berkualitas dengan tingkat kekentalan sesuai dengan sistem power steering pada Mobil Anda. Dari pihak pabrikan tidak menganjurkan menggunakan oli transmisi untuk mengisinya, karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan fungsi dari power steering. Penting: Saat menambahkan oli power steering jangan sampai berlebihan,

Nyalakan saat mobil menyala, tapi jangan saat mobil sehabis berjalan jauh. Karena hal ini akan membuat pada kondisi terpanasnya. Siapkan kertas tisu, untuk melap deep stick. kemudian masukan lagi deep stick sampai mentok, tarik lagi. Jika ketinggian oli di gerigi kedua, tandanya oli berkurang. artinya perlu ditambahakan. sesuaikan dengan spesifiskasi dari mobil tersebut.

Cara mengecek air radiator: matikan mesin mobil dan biarkan mesin mobil dingin terlebih dahulu. Biasanya tanki reservoir ada disebelah sisi ruang mesin. Jumlah coolant yang tepat mencegah terjadinya overheat pada mesin. Periksalah air radiator minimal setiap kali anda melakukan servis rutin. Pada tanki reservoir ketinggian coolant harus pas dengan atau sedikit melebihi garis (atas panah) tambahkan coolant kija ketinggian sudah d bawah garis. Gunakan coolant bebas silika, isi dengan tinggi minimum coolant. Bila perlu bisa ditambahakan coolant pre-mix, terakhir tutup coolant dengan benar.

Komponen yang satu ini cukup penting saat musim hujan tiba. Karena wiper merupakan tumpuan utama untuk menjaga visibilitas pengemudi, tanpa adanya wiper maka pengemudi tidak bisa mengendalikan kemudi dengan baik saat hujan turun dengan deras dan yang lebih fatalnya lagi bisa menyebabkan kecelakaan.

1. Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah dengan mengecek terlebih dahulu kondisi pada karet wiper di mobil. Biasanya kondisi wiper yang baik yaitu dengan tidak adanya retakan pada karet wiper. Apabila kamu menemukan retakan atau karet yang sudah lapuk ada baiknya langsung ganti pada bagian karet wiper mobil tersebut.

2. Langkah yang kedua yaitu dengan membersihkan wiper mobil yang sudah benar-benar dalam keadaan baik. Saat membersihkan wiper mobil jangan mengelap pada pinggiran karet karena di pinggiran karet tersebut terdapat bagian komponen lapisan kimia yang menjaga elastisitas wiper. Jadi, saat kamu mengelap pinggiran karet wiper tersebut maka cairan yang menjaga elastisitas wiper akan hilang. Kemudian saat membersihkan sebaiknya untuk memasang stand agar karet tidak menempel pada kaca mobil dengan begitu kaca mobil tidak akan terganggu.

3. Langkah ketiga kamu bisa menggunakan cairan khusus pembersih wiper yang tersedia di bengkel mobil. Setelah membeli cairan khusus untuk membersihkan wiper mobil, kamu bisa tuangkan cairan wiper tersebut bersama dengan air ke dalam sebuah wadah. Lalu cairan tersebut bisa digunakan untuk membersihkan wiper. Setelah wiper sudah bersih maka kamu bisa memeriksa wiper secara berkala pada bagian poros wiper.

Idealnya, untuk mobil-mobil menengah atau sedang nilai tekanannya itu berkisar antara 30 hingga 32 PSI di mana nilai ini bisa menunjang stabilitas berkendara Anda. Sedangkan mobil yang lebih kecil tentu tekanannya lebih kecil antara 28-30 PSI saja.

memelihara tekanan ban:
1. Lihat beban mobil
2. Usahakan agar tidak over capacity
3. Sebaiknya pastikan konidis roda dingin saat kita mengisi angin
4. Perhaikan pentil ban, dan jangan sampai hilang. bilang hilang gantilah dengan yang baru/.

Bermanfaat sebagai penanda berbelok, kebutuhan di waktu gelap ataupun berkabut ini akan sangat membantu memperjelas penglihatan pengemudi, pastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Saat kendaraan sudah mulai sering sulit di-starter, Anda sebaiknya mulai memeriksa komponen ini. Biasanya, mobil akan langsung menyala saat distarter sebanyak satu kali atau dua kali.

1. Apabila starter harus dilakukan sampai tiga kali atau lebih baru bisa menyala, anda sebaiknya segera mengecek kondisi aki atau melakukan pergantian.

2. Tanda lain aki sudah mulai rusak ialah nyala lampu mobil sudah tidak seterang biasanya dan klakson tidak lagi senyaring seharusnya. Hal pertama yang harus dilakukan ialah mengingat sudah berapa lama aki tidak mengalami pergantian, apabila sudah lebih dari 10 bulan, bisa jadi kendaraan sulit dihidupkan karena aki harus mengalami pergantian.

3. Namun jika aki baru saja diganti atau digunakan, kerusakan mungkin terjadi pada komponen lain. Selain itu, cek indikator yang terdapat pada aki untuk memastikan apakah komponen ini masih bekerja secara maksimal.

Apabila indikator tampak berwarna merah maka aki harus segera diganti karena sudah soak. Tapi jika indikator berwarna putih, maka aki harus segera di-charge dan warna biru menunjukkan aki masih dalam kondisi prima.

1. Asap abu-abu yang keluar dari knapot mobil matic mengindisikan adanya kerusakan pada oli transmisi. Bisa jadi jumlah oli di dalam tangki berlebih atau mengalami rembes.

Mobil pada umumnya, warna asap knalpot abu-abu menandakan adanya kerusakan pada katup positive crankcase ventilation (PCV). Katup tersebut bisa jadi mengalami kemacetan sehingga uap dan gas yang masuk dari ruang mesin tak dapat terkontrol.

2. Bila asap putih yang keluar masih tampak tipis, itu berarti ada problem pada bagian kondensasi dalam kanal knalpot. Biarpun begitu, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena kerusakan tersebut bukanlah hal yang terlalu serius.

Beda halnya bila asap putih yang keluar cukup pekat dan tebal. Hal ini menandakan bahwa ada masalah pada sistem pembakaran dari mobil tersebut. Penyebabnya sendiri disebut-sebut adalah masuknya oli ke dalam ruang pembakaran.

3. Bila warna asap knalpot menghitam, bisa jadi mobil Anda mengalami masalah pada sistem pembakarannya. Bahan bakar yang tersirkulasi terlalu banyak dan juga tidak terbakar sempurna. Alhasil, asap knalpot yang keluar pun menjadi sangat pekat.

Asap hitam pun dapat mengindikasikan masalah pada saringan udara, injector, karburator, atau kebocoran kompresi. Agar masalah sebenarnya dapat diketahui dengan jelas, sebaiknya periksakan mobil Anda ke bengkel secepatnya.

4. Mengeluarkan asap pekat berwarna kebiru-biruan. Hal ini ternyata menandakan bahwa ada oli yang ikut terbakar di dalam mobil mesin Anda.

Ada juga penyebab lain dari keluarnya asap dengan warna kebiruan ini. Hal tersebut di antaranya adalah kerusakan pada ring piston yang aus sehingga oli jadi bocor, blower turbo yang sudah lama dan harus diganti, serta terjadinya blown gasket.

Kalau mau perawatan rutin atau servis mobil terpercaya, silahkan datang ke dokter mobil terdekat untuk dapat perawatan terbaik kami.